PARENTIME

SELF REMINDER

CUAP - CUAP

NIKAH ASIK

JALAN BARENG

SCHOLARSHIP



Haid di 10 Hari Terakhir Ramadhan, Jangan Sedih Girls. Masih Bisa Lakukan Ini!

19 Mei 2020 by Viki Wulandari


Sepuluh hari terakhir Ramadan adalah incaran para pemburu malam Lailatul Qadar. Malam yang penuh dengan kebaikan dan semua amalan dilipatgandakan hingga 1000 kali lipat. Bahkan saking agungnya malam ini, ada satu surah dalam Al-Qur’an yang menjelaskan tentang malam ini. Ramadan begitu istimewa dari awal datangnya hingga saat akan perginya hingga di sepuluh hari terakhir kita disuruh untuk memaksimalkan usaha dengan ibadah yang terbaik.


Sebelum Ramadan benar-benar pergi meninggalkan kita, sepuluh hari terakhir adalah masa paling baik untuk gas poll amalan-amalan kita. Sebelum Ramadan benar-benar berakhir, di tahun-tahun sebelumnya kita sibuk mempersiapkan lebaran dengan bikin kue, shopping baju baru dan lain sebagainya. Makanya, di tahun ini mumpung #dirumahaja lebih baik menghabiskan waktu dengan ibadah.


Baca juga Merapal Doa Sebelum Ia Tiada


Suatu kesedihan tersendiri bagi kaum perempuan, bahwa haid tidak bisa ditunda semau kita. Sedih sekali rasanya jika di sepuluh hari terakhir kita akan memaksimalkan ibadah justru tamu bulanan kita datang. Banyak amalan yang tidak bisa kita lakukan seperti puasa, shalat dan membaca Al-Qur’an. Tentu hal ini sangat menyedihkan, ya? Tapi tenang, girls. Masih ada banyak list ibadah yang bisa kita lakukan meski tamu bulanan sedang datang. Cek yuk!


Mendengarkan Murottal


Meski beberapa pendapat ulama ada yang memperbolehkan wanita haid membaca Al-Qur’an terjemahan, namun saya pribadi memilih lebih berhati-hati dengan tidak membaca Al-Qur’an saat haid. Wallahu ‘alam.


Keutamaan membaca al-quran


Source: pixabay


Mendengarkan murottal juga adalah sebuah kebaikan yang mengandung banyak pahala di dalamnya. Disebutkan dalam QS. Al-A’raf: 204 sebagai berikut:


“Dan apabila dibacakan Al-Qur’an, maka dengarkanlah (baik-baik) dan perhatikanlah dengan tenang agar kamu mendapat rahmat”.


Mendengarkan Al-Qur’an dapat menimbulkan perasaan tenang, menenangkan hati yang gelisah dan melunakkan hati yang keras. Kamu bisa juga mendengarkan dengan pilihan Qori’ favorit yang kamu suka sehingga betah berlama-lama mendengarkan Al-Qur’an. Meski sedang dalam kondisi haid pun, kita masih bisa meraih keutamaan Al-Qur’an.


Membangunkan Anggota Keluarga


Berkhidmat untuk anggota keluarga dengan membantu mereka bangun di sepertiga malam agar menunaikan ibadah juga termasuk kebaikan yang berpahala besar. Menyemangati mereka agar lebih giat beribadah adalah nilai plus yang pahalanya juga akan tetap sampai kepada kita loh.


Imam Muslim meriwayatkan dalam kitab Shahih-nya, hadits dari sahabat Uqbah bin ‘Amr bin Tsa’labah radhiallahu’anhu, bahwa Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam bersabda: “Barangsiapa yang menunjuki kepada kebaikan maka dia akan mendapatkan pahala seperti pahala orang yang mengerjakannya” (HR. Muslim no. 1893).


Kita akan mendapatkan pahala yang sama dengan apa yang dikerjakan oleh mereka tanpa mengurangi pahala yang mereka dapatkan. Cukup mudah, bukan? Hanya dengan mengingatkan dan membangunkan anggota keluarga untuk beribadah, kita bisa kecipratan pahalanya.


Memasak Makanan Untuk Buka dan Sahur


Keutamaan yang satu ini paling menyenangkan buat aku pribadi karena aku suka memasak. Dengan memberikan makan bagi orang-orang yang berpuasa, baik anggota keluarga maupun untuk dibagikan ke orang-orang muslim lainnya, maka pahalanya akan mengalir kepada kita sebagai orang yang memasaknya. Masyaallah, betapa Islam itu sangat mudah dan aplikatif sekali ya.


Dari Zaid bin Khalid Al-Juhani radhiyallahu ‘anhu, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, Siapa memberi makan orang yang berpuasa, maka baginya pahala seperti orang yang berpuasa tersebut, tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa itu sedikit pun juga.” (HR. Tirmidzi no. 807, Ibnu Majah no. 1746, dan Ahmad 5: 192. Al-Hafizh Abu Thahir mengatakan bahwa hadits ini shahih)


Keutamaan memasak untuk berbuka puasa


Gimana, Buk? Pelayanan kita kepada aanggota keluarga yang berpuasa tidak disia-siakan oleh Allah. Semuanya sudah ada ganjaran pahalanya sendiri. Jadi, jangan pernah merasa terbebani dengan amanah rumah tangga ya.


Bersedekah


Ibadah ini tidak hanya bisa dilakukan saat sedang haid saja sebenarnya. Ketika haid, kita terhalang dari melakukan beberapa ibadah, makanya sedekah bisa jadi pilihan jitu untuk mendongkrak ibadah kita. Tentang keutamaan sedekah, rasanya sudah terlalu banyak untuk disebutkan satu per satu, terlebih lagi sedekah di bulan Ramadan dan di sepuluh hari terakhir. Insyaallah akan berlipat ganda semakin banyak.


Akhir-akhir ini, aku melihat banyak cara baru bersedekah yang inovatif di masa pandemi Covid-19 seperti ini. Semua orang mengeluarkan keahliannya masing-masing untuk bisa menggalang dana. Kreativitas menjadi keluar dan terpancing. Mau tahu beberapa cara kreatif yang dilakukan oleh orang-orang keren itu? Baca Cara Kreatif Bersedekah Masa Kini.


Mendengarkan Kajian Online dan Mempelajari Ilmu Agama


Kajian bermajelis di saat pandemi semuanya pada tutup. Makanya teknologi sangat membantu di tengah kondisi semacam ini. Manfaatkan itu dengan sebaik-baiknya. Mendengarkan kajian online, meski tidak bisa seefektif dengan kajian offline yang kita bisa bertemu saudara-saudara kita, tapi cukup membantu daripada tidak sama sekali.


Kutamaan Menuntut Ilmu


Kamu bisa dapat referensi chanel/akun bermanfaat untuk meningkatkan kualitas diri. Baca 10+ Channel/Akun Buat Upgrade Kemampuan Diri. Atau kamu suka mendengarkan kajian dari ustadz yang bisa menambah ilmu agamamu hanya dengan #dirumahaja, silakan juga baca beberapa rekomendasi saya disini Gak Bisa Ke Kajian, Masih Bisa Streaming Kan? Maksimalkan yang kita bisa ya, girls!


Banyakin Berdoa


Senjata kaum muslimin adalah dengan banyak berdoa. Banyak-banyak berdoa semoga kita mendapatkan ampunan di Ramadan tahun ini karena Ramadan tahun depan belum tentu kita masih mendapatkannya. Berdoalah dengan doa berikut.


“Allahumma innaka ‘afuwwun tuhibbul ‘afwa fa’fuanni” (Ya Allah, Engkau Maha Pemaaf dan Engkau mencintai orang yang meminta maaf. Karenanya, maafkanlah aku).


Keutamaan Berdoa


Source: pixabay


Begitu banyak amalan yang masih bisa kita kejar meski dalam keadaan haid. Banyak jalan menuju Roma, banyak cara untuk tetap berpeluang meraup pahala meski dalam keadaan haid. Ingat ya girls, haid bukan kita yang mau. Maka, jangan khawatirkan yang bukan ranah kemampuan kita karena itu tidak akan dimintai pertanggungjawaban. Maksimalkan apa yang kita bisa pilih dan lakukan karena itulah yang akan dipertanyakan kepada kita kelak.


Jangan jadikan tamu bulanan menjadi penghalang kita untuk tetap meraih keutamaan di sepuluh hari terakhir sebelum benar-benar berpisah dengan Ramadan. Semoga kita masih dipertemukan dengan Ramadan tahun depan ya…


Tags : #BPNRamadan2020, BloggerPerempuan, Ibadah, Haid, Ramadan,


Bagikan Artikel ini :


BACA JUGA :


⟵ [Review] What Happened To Monday: Sebuah Refleksi Pentingnya Menancapkan Visi Untuk Keluarga


Genetika Jodoh 20 Juni 2020
[Review] Extraction (2020), Kenangan Yang Lebih Mahal Dari Pengkhianatan 16 Juni 2020
Gerakan Eat The Rainbow Untuk Asupan Gizi Lebih Baik, Gimana Ceritanya? 13 Juni 2020
It is A Girl: Film Dokumenter Tentang Budaya Patriarki Hingga Mengungkap Fakta Female Infanticide 04 Juni 2020
Dalam Tiga Lapis Kegelapan 27 Mei 2020
Ladies, Be Smart (And Beautiful)! 25 Mei 2020
Jadi Ibu Itu Harus Siap Salah 21 Mei 2020
Haid di 10 Hari Terakhir Ramadhan, Jangan Sedih Girls. Masih Bisa Lakukan Ini! 19 Mei 2020
[Review] What Happened To Monday: Sebuah Refleksi Pentingnya Menancapkan Visi Untuk Keluarga 19 Mei 2020
Ingat-Ingat Bayar Zakat! 18 Mei 2020
Merapal Doa Sebelum Ia Tiada 17 Mei 2020
Lebaran Hemat? Bisakah? 16 Mei 2020
Kali Ini Kau Kujelang Dengan Kesendirian 15 Mei 2020
Mudik? Yay or Nay? 14 Mei 2020
Dalam Deru Rindu Yang Menggebu 13 Mei 2020

--Lihat Artikel Lainnya --



Saya ibu satu anak yang senang menuliskan kegiatan sehari-hari saya dan berharap orang lain mendapatkan kebaikan dan hikmah darinya. Saya juga menulis beberapa artikel mengenai perjalanan saya di beberapa tempat.


Website ini adalah tempat saya menuangkan ide dan pendapat tentang suatu hal. Saya juga menerima advertorial. Contoh yang pernah saya kerjakan bisa dilihat disini. Untuk sharing atau bussiness inquiries, bisa email saya di viki.woelandari@gmail.com. Happy reading!


Find Me On :




Silakan Contact untuk mendapatkan e-book ini secara gratis dari saya


Kenapa Pilih Backpacker-an? 
Kenapa Menikah Sebaiknya dengan Yang Selevel? 
Menghormati Vagina 
Ngomongin Otak Perempuan Wilayah Seks 
Gymball Untuk Ibu Hamil 
My First Capsule Hotel 

Proudly Part of :