PARENTIME

SELF REMINDER

CUAP - CUAP

NIKAH ASIK

JALAN BARENG

SCHOLARSHIP



Kali Ini Kau Kujelang Dengan Kesendirian

15 Mei 2020 by Viki Wulandari


Tahun ini adalah lebaran pertama dalam seumur hidupku tidak mudik ke kampung halaman. Lebaran yang benar-benar berbeda dari lebaran sebelumnya. Kali ini tidak ada silaturahim, tidak ada mudik, tidak ada kue lebaran apalagi baju baru. Di tanah rantau ini, sebenarnya tidak ada hambatan yang berarti untuk kami bisa mudik, tetapi karena memiliki bayi berusia setahun yang masih sangat rentan dengan kondisi sekarang ini, maka kami memutuskan untuk menunda kepulangan ke kampung halaman.


Sedih memang, tapi apa daya semuanya demi kebaikan bersama. Semuanya kami putuskan atas dasar pertimbangan yang banyak dan matang. Kami saat ini ada di red zone, Makassar yang kabarnya sekarang ini menjadi episentrum baru penyebaran covid-19. Penyebaran sudah melalui transmisi lokal, yang kita tidak tahu siapa bisa menulari siapa. Maka dari itu, lebih amannya, kami memilih bertahan di sini dengan segala kekurangan dan keterbatasan.


lebaran tahun ini


Source : freepik


Insyaallah lebaran Idul Adha akan kami jelang dengan lebih indah bersama-sama. Semoga semua pandemi ini segera berakhir saat Idul Adha tiba. Kami sudah menyusun rencana untuk mengalihkan cuti bersama ke Idul Adha karena lebaran ini cuti digeser ke Agustus dan Desember. Suami yang bertugas sebagai ASN juga punya tanggung jawab yang harus dipenuhi setelah cuti berakhir.


Lebaran tahun ini, rasanya beda karena tidak ada di lingkungan yang biasanya. Kami akan berlebaran di lingkungan kompleks perumahan kami selama ini. Padahal saudara-saudara kami semuanya ada di kampung halaman. Setelah hampir setengah abad selalu lebaran di kampung halaman, kali ini akan menghadapi pengalaman yang berbeda.


Entah nanti akan bagaimana suasananya. Yang jelas kami sudah memutuskan untuk tetap bertahan di sini saja, di Makassar saja.


Lebaran kali ini, tidak ada Hidangan Lebaran Yang Dirindukan. Tidak ada lagi kunjungan-kunjungan yang bertujuan untuk mencicipi masakan khas saudara yang selama ini jarang ditemui. Kunjungan-kunjungan khas lebaran yang hanya ada setahun sekali kali ini hanya akan dirindukan.


mudik tahun ini


Source : freepik


Aku tidak menyalahkan keadaan, tidak juga menyesali takdir harus berlebaran jauh dari saudara. Kali ini akan menjadi kenangan yang akan diceritakan ke anak cucu, bahwa aku pernah tidak pulang ke kampung karena sebuah peristiwa pandemi yang merenggut keceriaan dunia untuk beberapa saat. Kelak, anakku akan punya sejarah kalau dia pernah berlebaran jauh dari saudara-saudaranya. Untuk pertama kali dan semoga hanya sekali ini saja.


Dunia, segeralah membaik…


Tags : #BPNRamadan2020, BloggerPerempuan, Mudik, Lebaran, Covid-19,


Bagikan Artikel ini :


BACA JUGA :


⟵ Lebaran Hemat? Bisakah? Mudik? Yay or Nay? ⟶


Nursery Room yang Dirindukan 03 Desember 2020
Dimsum Anti GTM-GTM Club 12 Agustus 2020
Cinta di Perjalanan 03 Agustus 2020
Berkurban, Bukan Potong Sapi 31 Juli 2020
Pola Asuh Lintas Generasi 07 Juli 2020
Bekal Untuk Suami 01 Juli 2020
Genetika Jodoh 20 Juni 2020
[Review] Extraction (2020), Kenangan Yang Lebih Mahal Dari Pengkhianatan 16 Juni 2020
Gerakan Eat The Rainbow Untuk Asupan Gizi Lebih Baik, Gimana Ceritanya? 13 Juni 2020
It is A Girl: Film Dokumenter Tentang Budaya Patriarki Hingga Mengungkap Fakta Female Infanticide 04 Juni 2020
Dalam Tiga Lapis Kegelapan 27 Mei 2020
Ladies, Be Smart (And Beautiful)! 25 Mei 2020
Jadi Ibu Itu Harus Siap Salah 21 Mei 2020
Haid di 10 Hari Terakhir Ramadhan, Jangan Sedih Girls. Masih Bisa Lakukan Ini! 19 Mei 2020
[Review] What Happened To Monday: Sebuah Refleksi Pentingnya Menancapkan Visi Untuk Keluarga 19 Mei 2020

--Lihat Artikel Lainnya --



Saya ibu satu anak yang senang menuliskan kegiatan sehari-hari saya dan berharap orang lain mendapatkan kebaikan dan hikmah darinya. Saya juga menulis beberapa artikel mengenai perjalanan saya di beberapa tempat.


Website ini adalah tempat saya menuangkan ide dan pendapat tentang suatu hal. Saya juga menerima advertorial. Contoh yang pernah saya kerjakan bisa dilihat disini. Untuk sharing atau bussiness inquiries, bisa email saya di viki.woelandari@gmail.com. Happy reading!


Find Me On :




Silakan Contact untuk mendapatkan e-book ini secara gratis dari saya


Kenapa Pilih Backpacker-an? 
Kenapa Menikah Sebaiknya dengan Yang Selevel? 
Menghormati Vagina 
Ngomongin Otak Perempuan Wilayah Seks 
Gymball Untuk Ibu Hamil 
My First Capsule Hotel 

Proudly Part of :